Rabu, 30 Mei 2018

MENGENAI APLIKASI JODOH ONLINE



Aplikasi jodoh online adalah sebuah layanan yang membantu seseorang untuk mencari pasangan melalui media online. Aplikasi jodoh online ini yang bertujuan sebagai media bagi para jomblo untuk mencari teman atau pasangan sesuai dengan kriterianya. Aplikasi jodoh online menawarkan bantuan bagi mereka yang mencari pasangan atau jodoh ketika seseorang merasa kesulitan untuk mencari pasangan hidup atau terlalu sibuk dengan pekerjaan sehingga menyerahkan ke pihak lain untuk membantu mencarikan pasangan. Aplikasi jodoh online lebih diminati karena dirasa lebih rahasia dan privasi, tidak perlu datang ke lokasi kantor biro jodoh. Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengisi formulir yang telah disediakan di website biro jodoh tersebut, sehingga privasi tetap terjaga. Alasan utama bagi mereka yang menggunakan aplikasi jodoh online adalah kesibukan yang padat, lebih mudah dan privasi lebih terjaga. Banyak yang tidak memiliki waktu untuk mencari pasangan hidup, sehingga hal ini diserahkan ke aplikasi jodoh online, dan lebih mudah karena bisa diakses di mana saja dan kapan saja dengan mengandalkan jaringan internet seadanya. Hal ini juga lebih privasi karena tidak ada tatap muka langsung dengan pengurus biro jodoh, sehingga tidak dapat diketahui oleh teman ataupun saudara.


Menurut saya aplikasi jodoh online mungkin bagi yang ingin melepas masa lajang, menggunakan layanan atau aplikasi kencan online dapat menjadi salah satu cara. Meskipun saya disini belum pernah menggunakan aplikasi jodoh online tersebut, tetapi saya lebih senang memilih untuk bertemu atau berkenalan secara langsung dengan pria yang saya anggap menarik di dunia nyata. Karena saya sendiri percaya, kita dapat melihat sedikit banyak kepribadiannya dari melihatnya dan berbicara langsung. Menurut saya, kembali lagi ke preferensi pribadi seseorang. Kalau seseorang tidak perduli dengan anonimitas dan berani mengambil resiko, aplikasi jodoh online adalah pilihan yang tepat.

Berikut merupakan sisi positif dan negatif dari aplikasi jodoh online :

Sisi Positif
1. Menambah teman baru
Bila pada awalnya kamu hanya ingin semakin menambah teman, tentu dengan aplikasi ini kamu akan mendapatkan koneksi yang lebih luas dan berpotensi membawa manfaat positif semisal pekerjaan atau hubungan baik.
2. Mendapat teman yang memiliki hobi yang sama
Jika kamu menemukan teman yang klop diajak ngobrol, tentu hal ini akan membuatmu merasa nyaman dan pada akhirnya memiliki teman yang punya hobi sama.
3. Hemat waktu dan biaya
Melalui online dating, tentu kita akan semakin menghemat waktu dan biaya. Karena, kita tidak perlu repot mengajak teman kencan untuk ketemuan di restoran, mall, atau tempat hiburan yang lain. Kita pun bisa dengan leluasa melakukan obrolan kapanpun dan di manapaun kita inginkan selama terkoneksi aplikasi ini.
4. Mengurangi rasa grogi
Sebagian dari kita tentu pernah mengalami yang namanya grogi atau nervous saat melakukan PDKT secara langsung. Namun hal itu tidak akan terjadi jika kita melakukannya lewat online dating. Kita bisa dengan nyaman chatting dengan lawan jenis tanpa harus khawatir merasa canggung atau salah tingkah.
5. Mendapatkan jodoh
Tujuan akhir dan utama bagi orang yang serius mencari pasangan melalui online dating, apa lagi kalau bukan untuk mendapatkan jodoh? Memang sih, belum ada data yang akurat mengenai berapa jumlah persis pasangan yang sukses hingga ke jenjang pernikahan. Namun, tetap ada juga yang beruntung mendapatkan jodoh berkat aplikasi kencan online ini.

Sisi Negatif
1. Informasi (foto, biodata, dan alamat) yang dicantumkan bisa saja palsu
Ini akibat kita tidak tahu sosok sebenarnya dari orang yang diajak bicara lewat online.  Informasi berupa foto atau biodata hanyalh kulit luarnya saja. Namun, sifat dan kepribadian  lawan jenis tisak bisa kita ketahui dengan jelas. Bisa saja kita mengobrol dengan orang yang sebenarnya berniat jahat.
2. Pemalsuan status relationship
Ini salah satu kekhawatiran terbesar saat menggunakan online dating. Kita tidak tahu status sebenarnya dari lawan bicara kita. Bisa saja orang berbohong bahwa dirinya single, padahal sudah berstatus menikah.
3. Masalah privasi
Jika kamu mencantumkan alamat rumah dan email asli, bahkan data dirimu selengkapnya, bisa saja hal ini akan dimanfaatkan untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, jangan mudah mencantumkan atau memberikan data pribadi kepada seseorang yang baru kita kenal lewat online untuk mencegah terjadinya penipuan.
4. Tidak menjamin mendapat jodoh
Perlu diingat, ini hanyalh layanan bantuan untuk kamu mencari pasangan. Bukan berarti hal ini akan menjamin 100% kamu sukses mendapatkan jodoh. Bila cocok, kamu bisa lanjut ke hubungan yang lebih serius, bila tidak cocok, maka kesempatan itu akan tertutup.
5. Rentan terhadap penipuan
Penipuan sering kali terjadi bila kita terlalu mempercayai seseorang yang kita kenal lewat online. Kita bisa menjadi korban penipuan secara materi (uang), berhubungan dengan seseorang yang ternyata sudah berstatus menikah, atau ditawari pekerjaan yang ternyata berujung pada human trafficking (perdagangan manusia).

COPYRIGHT © 2017